Masuknya budaya asing ke indonesia


v  LATAR BELAKANG          

Indonesia merupakan bangsa yang  besar dan berpenduduk paling banyak terutama di bagian Asia, dan bangsa yang memeliki bermacam-macam budaya dan suku bangsa yang berbeda namun akhir-akhir ini budaya Indonesia banyak ditinggalkan oleh masyarakat terutama anak muda zaman sekarang kerena mereka beranggapan budaya mereka kuno beda dengan negra lain dan mereka malu dengan budaya sendiri dan tidak percaya diri anak muda zaman sekarang dengan budayanya sendiri.
      Masuknya budaya asing ke Indonesia salah satunya perkembangan jaman yang semakin canggih kita bisa lihat kalau dulu pasti sangat kuat atau kental dengan budaya Indonesia tapi jaman sekarang makin kesini budaya Indonesia hampir punah karena anak-anak sekarang gampang melihat budaya asing yang disiarkan oleh televise indonesia itu salh satunya penyebab budaya indonesia hampir punah dan jangan salahkan budaya kita diambil oleh Negara lain sebab kita tidak menghargai dengan budaya sendiri.

v  RUMUSAN MASALH

1.      Kenapa dengan mudahnya budaya asing masuk ke Indonesia ?
2.      Dampak positif dan negative masuknya budaya asing ke Indonesia ?
3.      Contoh terjadinya masuknya budaya asing dalam masyarakat.!


v  PEMBAHASAN

1.      Kenapa dengan mudahnya budaya asing masuk ke Indonesia karena perkembangan zaman yang semakin canggih di era globalisasi ini maka semakin mudah juga bangsa indonesia melihat budaya asing. Sekarang tidak hanya di televise masuknya budaya asing tetapi coba kita lihat pada zaman sekarang bangsa indonesia sudah bisa menggunakan internet dari sana budaya luar masuk dan meracuni bangsa indonesia. Tapi jangan salahkan orang luar harusnya bangsa indonesia juga sadar dan malu meniru budaya luar sedangkan budaya kita sendiri yang banyak dan bermacam-macam budaya yang ada malah ditinggalkan dan tidak dihargai oleh kita sendiri, maka dari itu kita jangan mudah mengikuti budaya asing

2.      Dampak positif masuknya budaya asing ke indonesia dengan adanya teknologi dan electronic yang masuk ke indonesia itu memudahkan masyarakat pada saat ini dengan mudah bekerja dan mempercepat pekerjaan.

*      Pertumbuhan ekonomi yang semakin tinggi dan berkembang di indonesi.
*      Produktifitas di indonesia semakin maju dan berkembang.
*      Adanya kemudahan untuk memerlihatkan dan memperkenalkan budaya kita kepada Negara lain.

Ø  Dampak Negatif
*      masuknya budaya asing yg lebih mudah diserap dan ditiru oleh masyarakat baik tua maupun muda, dan parahnya biasanya meniru perilaku yang buruk.
*      adanya globalisasi bisa memungkinkan hilangnya suatu kebudayaan karena adanya percampuran antara kebudayaan lokal dgn kebudayaan dr luar, bisa juga karna memang tidak ada generasi penerus yg melestarikan budaya tersebut.
*      menumbuhkan sifat dan sikap individualisme, tidak adanya rasa kepedulian terhadap orang lain. Padahal bangsa indonesia dulu terkenal dgn gotong royong.

3.      Contohnya zaman sekarang banyak masyarakat indonesia yang menggunakan alat elektnonik dalam kehidupan masyarakt misalnya handphone sekarang anak sekolah dasarpun sudah menggunakan handphone beda dengan zaman dulu orang tua kita belum mengenal alat komunikasi seperti itu tapi sekarang komunikasi bisa dilakukan dengan handphone kapan saja dan dimana saja.


Share this video :

+ komentar + 1 komentar

Anonim
26 Agustus 2021 pukul 18.42

Freak anjingg malah promosi casino

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Sejarah - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger